Wednesday, July 31, 2013

Geronimo Stilton #1: The Discovery of America




Geronimo Stilton #1: The Discovery of America
Geronimo Stilton
Papercutz - 2009
(untuk usia 8 tahun ke atas)

Geronimo Stilton adalah editor di Rodent Gazette, sebuah surat kabar terkenal di Pulau Tikus. Dan ia dengan senang hati berbagi cerita tentang petualangannya melintasi waktu, kembali ke masa lalu, bersama saudara-saudaranya.

Dengan mesin waktu – sebuah kendaraan canggih bernama Speedrat, Geronimo ditemani oleh Trap, Benjamin dan Pandora, mereka harus mencegah para tikus untuk mengubah sejarah.

Dan, kembalilah mereka ke tahun 1492, ketika Colombus hendak berlayar untuk menemukan dunia baru. Ternyata, para tikus – Tersilla, Bonzo dan Cattardone sudah lebih dulu tiba. Mereka menyamar sebagai tikus dan  mencoba berbaur.

Penyamaran para kucing ini memang cukup mulus. Mereka memakai topeng berwajah tikus, mengenakan pakaian seperti penduduk setempat pada jamannya. Tapi, ada aja yang membuat Geronimo dan teman-temannya mencurigai tiga tikus aneh ini. Misalnya, kalau tiba-tiba ekor mereka kejepit, mereka kaget dan refleks berteriak, “Miauwww..” atau, ditemukan sepeti ikan busuk, padahal para tikus maunya makan keju yang yummy-yummy, atau ketika mereka makan di resto setempat, mereka gak mau memesan menu yang ada keju-kejunya, harus ada ikan.

Nah, para ketiga kucing ini merencanakan pemberontakan demi mencapai tujuan mereka untuk mengganti sejarah baru – demi kepentingan bangsa kucing. Sementara itu, Geronimo dan teman-temannya harus mencari cara menggagalkan rencana itu.

Geronimo ini tipe tikus yang cerdas, tapi rada penakut dan clumsy. Ada aja yang kadang bikin dia pingsan, lalu, entah tiba-tiba kepentok, kepleset dan jatuh.

Ehem.. ma’afkan kalau buku bertema Historical Fiction kali ini lebih ditujukan untuk anak-anak. Saat gue membacakan buku ini, gue tertarik dengan karakter Geronimo yang lucu ini. Geronimo, adalah pahlawan di buku ini, tapi dia digambarkan sebagai tikus yang tidak ‘sempurna’, tapi ia berusaha untuk menjadi berani.

Selain dalam bentuk novel grafis, Geronimo Stilton juga ada dalam bentuk novel dengan isi yang menarik. Menarik dalam arti ceritanya dan juga tampilannya. Di dalam buku novel ini, layout-nya keren, dan sesekali menggunakan font yang menarik dan berwarna-warni. Diselipkan juga berbagai informasi tentang fakta sejarah yang sebenarnya terjadi, misalnya di buku ini, diceritakan siapa Colombus itu sebenarnya.

Jadi, nih, bisa deh mulai memperkenalkan yang namanya ‘historical fiction’ sama anak-anak. Bukunya menyenangkan untuk dibaca, dan tokohnya juga lucu.

Seri Geronimo Stilton ini juga sudah ada terjemahannya, diterbitkan oleh BPK Gunung Mulia.

Posting ini disubmit untuk posting bareng Blogger Buku Indonesia bulan Juli dengan tema historical fiction.

0 comments:

 

lemari bukuku Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang