Monday, December 16, 2013

Stargirl





Stargirl
Jerry Spinelli @ 2000
Scholastic – September 202
186 hal.
untuk usia 10 tahun ke atas

Stargirl adalah gadis yang unik, siapa nama sebenernya, tak banyak orang yang tahu. Sejak hari pertama ia datang ke Sekolah MICA, ia sudah memperlihatkan keunikannya – atau bagi sebagian orang, rada-rada aneh. Di jam makan siang, Stargirl akan menyanyikan lagu ulang tahun untuk siapa pun yang berulang tahun dengan ukulelenya, ia bisa tiba-tiba muncul di pemakaman seseorang meskipun tidak mengenal orang atau keluarga yang bersangkutan. Terpilih sebagai anggota tim pemandu sorak, ia tak hanya memberikan semangat bagi tim sekolah, tapi juga tim lawan. Bagi Stargirl, apa yang ia lakukan tidak ada yang salah, ia hanya memberikan perhatian pada hal-hal kecil yang luput dari perhatian orang. Tapi bagi teman-teman sekolahnya, ia adalah anak yang gak normal, berbeda. Maka, Stargirl yang tadinya dipuji, mulai mendapatkan ejekan.

Dan ketika Stargirl mulai menjadi hubungan dengan Leo Borlock, mereka berdua dianggap tidak ada oleh teman-temannya mereka. Tapi demi Leo, Stargirl mencoba menjadi ‘normal’, seperti anak-anak lain, yang malah membuatnya tidak nyaman.

Kalau pas jaman-jaman masih sekolah dulu tuh, ada sesuatu yang gak ngikutin trend, koq rasanya gak enak banget. Rasanya kalo diliat temen-temen yang lain, pasti berasa aneh sendiri. Padahal, gak ada kewajiban juga kan untuk ngikutin mereka semua. Tapi, liat deh, anak-anak sekolahan tuh pasti nyaris tampil ‘seragam’. Padahal, yang seragam itu bukan berarti menunjukkan diri kita yang sebenarnya gak sih? #soktau …

Kaya’nya buku ini ‘wajib’ dibaca para ABG, biar berani untuk tampil beda – sedikit aneh ya gpp lah… yang penting nyaman dan berani menunjukkan siapa diri mereka, dan apa yang mereka sukai. Tapi.. meskipun beda, gak ada salahnya dengerin orang-orang di sekitarnya, liat orang-orang lain juga, apa nyaman dengan ‘perhatian’ yang tiba-tiba tertuju ke orang itu, kaya’ Stargirl yang nyanyiin lagu  Happy Birthday di tengah orang banyak, belum tentu si yang ulang tahun seneng tiba-tiba jadi pusat perhatian.

Gue suka permainan Stargirl – ‘menebak kartu yang pas untuk orang’ – mengamati orang yang gak dikenal, terus nebak, kira-kira ini orang pasnya dikirimin kartu apa … belajar untuk sekali-sekali peka dengan lingkungan.

Yang rada ‘ngeselin’, adalah Leo Borlock, dia suka sama Stargirl dengan segala keunikannya. Tapi, kenapa dia malah nyuruh Stargirl untuk berubah, bukannya ngebelain Stargirl untuk tetap cuek apa adanya.

Stargirl ini rada-rada mirip sama Luna Lovegood gak sih? Aneh, ajaib dan unik… 



Submitted for Fun Year Event with Children's Literature (category: realistic fiction)


4 comments:

adin dilla said...

kayaknya seru bukunya..jadi pengen baca..

ferina said...

ok, koq, bukunya. rating di goodreads lumayan tinggi. versi terjemahan kaya'nya sering keliatan di obralan gramedia

Cella said...

Ntah kenapa temen-temenku pada ga suka sama buku ini. Katanya ceritanya aneh. Tapi, aku suka banget. Aku suka Star Girl yang unik itu. Emang agak aneh sih, tapi dia baiikk.. :D

Olive. said...

buku nya emang oke banget kok..
saya sempet book lag dulu pas baca novel ini..
endingnya gantung, tapi masih bisa dikatakan pas dan oke (?)
sudah baca yang buku duanya belum, mbak? saya entah kenapa ga sreg baca di buku keduanya..
salam kenal ya mabk ;)

 

lemari bukuku Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang