Thursday, June 27, 2013

The Mysterious Affair at Styles




The Mysterious Affair at Styles (Misteri di Styles)
Mareta (Terj.)
GPU – Cte. VII, Juli 2007
268 hal

Kecelakaan di medan perang membuat Hasting terpaksa dipulangkan dan mendapat cuti sakit selama sebulan. Ketika masih bingung mau berbuat apa, Hasting secara kebetulan bertemu dengan teman lamanya, John Cavendish, yang kemudian mengajaknya untuk berlibur di kediamannya di Styles.

John Cavendish pun kemudian bercerita tentang kemelut yang sedang terjadi di rumahnya itu. Semua ini dikarenakan ibu tiri John, Emily Cavendish yang menikah lagi dengan seorang pria yang berusia lebih muda, Mr. Inglethorp. Semua yakin bahwa pria itu hanya ingin harta ibu tirinya itu dan pria itulah yang pada akhirnya akan membunuh ibunya demi mendapatkan harta warisan.

Dan, benar saja, suatu pagi, seluruh penghuni rumah dikejutkan dengan Mrs. Inglethorp yang ditemukan sekarat di kamarnya. Mrs. Inglethorp tak lama tewas dan diyakini seseorang telah meracuninya. Semua yakin, tertuduhnya hanya satu, yaitu Mr. Ingelthorp sendiri, tapi ia punya alibi yang membuatnya sedikit terbebas dari tuduhan.

Secara kebetulan, Hercule Poirot ada di Styles juga, maka teman baik Hasting ini pun dipanggil untuk membantu penyelidikan.

Banyak tokoh di dalam buku ini – selain Alfred Inglethorp - yang akhirnya berpotensi menjadi pelaku pembunuhan, sebut saja John Cavendish. Semua tahu, ibu tiri mereka menyayangi anak-anak tiri mereka, tapi, ketika tahu Mrs. Inglethorp sudah membuat surat wasiat lain yang menyebutkan sebagian harta diwariskan kepada John Cavendish, bukan tidak mungkin John ingin ‘mempercepat’ kematian ibunya itu.

Lalu, ada Lawrence Cavendish, adik John. Sifatnya yang tertutup, selalu jadi nomer dua bisa jadi menimbulkan dendam. Bukan tidak mungkin ia menjebak kakaknya sendiri, karena jika John ditahan, kemungkinan harta akan jatuh ke tangan Lawrence.

Atau mungkin istri John, Mary Cavendish, yang pastinya juga akan ‘kecipratan’ kalau John mendapatkan harta warisan itu.

Secara tak langsung, pembaca diajak ikut menganalisa setiap tokoh. Dari awal, gue punya tebakan siapa si pelaku, tapi begitu ada bukti dan kesimpulan baru  yang dibuat sama Hercule Poirot, tebakan gue pun berubah.

Meskipun katanya Poirot, si pelaku adalah si X, tapi buku masih ada kira-kira 10 lembar lagi… itu artinya kasus belum berakhir, karena Poirot akan memberikan kejutan yang tak terduga.

#barutau…. Ternyata The Mysterious Affair at Styles ini adalah novel pertama Agatha Christie dan juga merupakan kemunculan perdana dari Hercule Poirot.

9 comments:

dion_yulianto@blogspot.com said...

Wah novel perdana? Kudu cari cari dan cari. Kok ceritanya agak2 mirip Buku Catatan Josephine ya

astrid said...

Iyaaa ini nover perdana sekaligus pertama kalinya Hastings & Poirot berkolaborasi :D nanti di buku terakhir Poirot, Tirai, lokasi kejahatan dibalikin lagi ke Styles ini...ceritanya mengenang masa lalu hihi

Tezar said...

ini yang selalu dipertanyakan, detektif sewlalu ada saja di mana kejadian terjadi, hehehe

ferina said...

@Dion: lupa cerita Buku Catatan Josephine :)

@Astrid: ntar mau lanjutin baca Tirai deh..

@Tezar: hehehe... kalo gak kebetulan, ntar kasusnya gak selesai2

blogbukufaraziyya said...

iya yah, detektif di cerita-cerita gitu selalu kebetulan ada di sekitar tkp. ga di buku ga di serial tv. hehhe :-D

orybun said...

suka covernyaaa.. *salah fokus

bugot said...

eh, buku pertamanya aku malah belum baca ya, Tapi kalau kasus pertama miss marple aku udah baca :D *gak ada yg nanya juga*

Hobby Buku said...

Salah satu favoritku, pertemuan awal Hastings dan papa Poirot :D baca ulang ah ... lanjut dengan Tirai mbak :D

ferina said...

@Vina: kaya'nya cover yang baru lebih menarik lagi

@bugot: kasus miss marple yang pertama tuh yang mana ya? sesungguhnya aku jarang baca AC :D

@hobbybuku: iya, mbak, emang pengen lanjut baca Tirai. dari yang pertama langsung yang terakhir

 

lemari bukuku Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang