Monday, November 26, 2012

The Not-so Amazing Life of @aMrazing




The Not-so Amazing Life of @aMrazing
Gagas Media, Cet. I - 2012
220 Hal.
(Gramedia Pondok Indah Mall)

Sebenernya gue gak terlalu tertarik dengan buku-buku seperti ini. Karena suka sok lucu, lebay dan norak. Tapi, dari hasil iseng-iseng baca di toko buku, koq, malah jadi penasaran pengen tau lebih lanjut apa isi buku ini. Akhirnya, gue pun beli deh buku The Not-so Amazing Life of @aMrazing yang bercover cerah ini.

Pengalaman seorang Alexander Thian selama ia menjadi penjaga counter hp di salah satu mall. Alexander Thian, yang di dunia twitter dikenal dengan nama @aMrazing, juga pernah menyumbangkan ceritanya di buku Cerita Sahabat.

Bayangin kalo kita lagi jalan-jalan di salah satu mall yang penuh dengan counter-counter penjual HP, bisingnya mbak-mbak dan mas-mas yang saling becanda dan menggoda, beradu dengan suara musik yang ‘jedag-jedug’. Kadang kalo ngomong harus bervolume keras, saking berisiknya. Kebayang suasana kaya’ begini, pasti pengaruh banget dengan mood orang-orang yang kerja di sana. Belum lagi ketemu pelanggan yang ajaib, bawel, ngeyel plus ngeselin dan kadang bergaya seperti OKB tapi gaptek dan sok tau.

Yang seperti ini, bisa dibaca di cerita ‘Maria Kere vs Selin Dion’, ‘Kondom Ona Sutra’, ‘Fesbuk of Fesbuk’, atau ‘Napas dari Neraka’. Rata-rata pelanggan yang ngeselin ini, ulahnya adalah minta hp-nya diisiin lagu yang banyak, tapi minta discount, atau salah nyebutin nama penyanyi tapi keukeuh kalo dia yang bener, punya handphone canggih, tapi gak tau cara makenya, yang penting gaya dan bisa facebook-an.

Tapi, ternyata di antara cerita-cerita yang lucu ini, ada beberapa kisah yang membuat terharu. Seperti kisah: ‘Dummy Seharga 2 Juta’, ‘Nggak Canggih, Nggak Gaya? Nggak Gaul!’, ‘Don’t Judge The Heart by The Look’ atau ‘Jujur itu Mahal’. Sedih rasanya membaca cerita seorang bapak yang ditipu, pengen beli handphone buat anaknya yang autis, eh, malah dapet hp dummy, atau berasa pengen teriak-teriak di depan seorang anak yang pengen banget minta dibeliin handphone canggih demi gaul dan gaya di depan teman-temannya.

Well, at least, buku ini gak hanya berisi cerita yang bikin ketawa-ketiwi gak jelas, tapi juga bisa membuat pembacanya melihat hal yang lain. Tapi, cara @aMrazing bercerita emang terkadang bikin pengen jitakin pelanggannya satu-satu karena ngeselin. Tapi sayangnya nih, kadang-kadang @aMrazing menggambarkan pelanggan perempuan rada-rada ‘seronok’. Entah emang bener begitu, atau dilebih-lebihin…

Gue kasih 3 hyena deh buat nemenin @aMrazing kalo mau jaga counter lagi.

2 comments:

Jun said...

Sudah banyak saya batja review buku ini di banyak blog atau post di goodreads, tapi hingga sekarang belum tergerak buat beli :)))

eh, lucu nih sistem ratingnya pake hyena x)))

ferina said...

Hahaha.. soal sistem rating, tergantung mood aja, ada yang dapet hyena, ada yang dapet mawar putih, ada yang dapet bintang... tergantung isi cerita :D

 

lemari bukuku Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang