Monday, April 14, 2014

Guest Posting by Dewi : The Yummy Yummy from Books




Halo halo... 
Ada tamu istimewa nih di blog gue... siapa lagi Bu Dokter Dewi yang 'fenomenal' dengan review buku biru yang legendaris itu. Hehehe.. tapi, kalo udah pernah main-main ke blog-nya, pasti terhibur banget baca review yang lucu, panjang lebar meskipun adang ngalor-ngidul ke mana-mana.



Nah, bersiap-siap ngiler dan kelaperan setelah membaca postingan Dewi ini ya, karena yang dibahas adalah ma-ka-nan... mari disantap.....

dan salam Westlife!

= = = = =

Pernah ngiler sama suatu makanan yang disebut di buku? Baik makanan itu disebutkan sepintas lalu maupun dibahas mendetil (misalnya pada buku-buku yang bertema kuliner).
Saya sih sering buanget.

Dan yang bikin saya ngiler justru bukan buku bertema kuliner, tapi malah novel anak semacam Enid Blyton ato Jennings. Buat yang pernah baca novelnya Blyton pasti familiar dengan jenis-jenis makanan yang disebut di sana. Pernah ada yang membuat list makanan-makanan yang muncul di novel Lima Sekawan dan wow...bacanya aja bikin saya ngiler padahal makanannya biasa aja. :))

Iya lho...makanan di novelnya Blyton itu kalo dipikir biasa aja. Sering kita temui di keseharian kok. Tapi beliau pinter mendeskripsikannya ampe bikin pembaca jadi mupeng.
'Pork pie-- home-made, of course,' said Dick. 'And what's this--golly, it's a cheese! How enormous! Smell it, Julian -- it's enough to make you start eating straightaway! And more of that home-made brea! Can we start?'
'No-- there are new laid boiled eggs to begin with,' said Anne, with a laugh. 'And an apple pie and cream to end with.'
Biasa banget yaaaa. "Cuma" pork pie, keju, roti, telur rebus dan pai apel. Tapi baca antusiasme Dick kok ya rasanya enaak banget sih itu makanan.

Saking "terpengaruh"nya sama makanan di novel Blyton, saya ampe niat nyobain langsung makanan-makanan itu. Udah cukup deh masa kecil saya dilewati dengan baca novel Lima Sekawan sambil ngiler dan minum sirup Orson sambil bergumam menghibur diri : "Yaaahh....gak bisa minum limun jahe yang ada di  novel Blyton, gak papa deh minum Orson aja. Beda tipislah rasanya." #miris

Makanya begitu kuliner di Jakarta makin beragam dan cemilan-cemilan asing mulai merambah, saya pun memantapkan niat untuk memuaskan ngeces masa kecil saya. Saya ingat, percobaan pertama saya dimulai dari scones yang simpel, tapi bisa dibikin enak kalo udah Blyton yang nulis.
“Hot scones,” said George, lifting the lid off a dish. “I never thought I’d like hot scones on a summer’s day, but these look heavenly. Running with butter! Just how I like them!”
source
Aduh...langsung mupeng dong ya nyari scones hangat bermentega. Ampe saya bela-belain deh nyari cafe yang jual.
Apa saya doyan?  Ehm...gimana yaaa...Ternyata gak seenak yang saya bayangkan.
Bentuk dan rasanya malah ngingetin sama donat strawberi yang dulu dijual di SMP saya. X) Ampe ngebatin : "Kalo scones rasanya kek donat, ngapain sih gw ampe niat nyari?"
Apalagi membayangkan scones panas gitu diminum dengan teh panas dibarengi cuaca Jakarta yang juga panas. Euh >.<

Lalu...apa saya kapok mencoba lagi?
Hohoho....enggak doong. Saya gitu lhoooo! Ditolak masuk Indonesian Idol satu kali sama Anang aja saya gak kapok, apalagi cuma dikecewakan sama scones. (Analoginya gak nyambung sih, tapi biarin aja lah).

Jadi percobaan kedua saya adalah memvisualisasikan (bahasa sok keren tapi gak tepat) adegan ini :
 "The high tea that awaited them was truly magnificent. A huge ham gleaming as pink as Timmy’s tongue; a salad fit for a king...It had in it everything that anyone could possibly want. “Lettuce, tomatoes, onions, radishes, mustard and cress, carrot grated up - that is carrot, isn’t it, Mrs. Penruthlan?” said Dick. “And lashings of hard-boiled eggs.”  
There was an enormous tureen of new potatoes, all gleaming with melted butter, scattered with parsley. There was a big bottle of home-made salad cream. “Look at that cream cheese, too,” marveled Dick, quite overcome. “And that fruit cake. And are those drop-scones, or what? Are we supposed to have something of everything, Mrs Penruthlan?"
Woaaa.....yummy banget yaaa. Ham, selada, tomat, wortel, telur! Masih nambah keju leleh, salad cream dan fruit cake pulaaaa. *elus-elus perut*
Saya kesulitan nyari salad persis seperti di deskripsi itu. Akhirnya saya bikin sendiri aja. Agak susah sih nyari home-made salad cream secara krim salad versi di buku itu pasti beda dengan krim salad yang dibikin di rumah saya. Tapi sudahlah....yang penting kan isi saladnya toh.

Jadi setelah niat ngumpulin bahan, saya coba bikin salad seperti di buku. Sayang waktu itu belum jaman foto makanan terus upload di Instagram (yaaa IG juga belum ada sih yaa), jadi saya gak punya bukti percobaan saya. Tapi seenggaknya gambaran salad yang saya bikin waktu itu yaaa....seperti ini tapi dalam versi lebih ancurlah #eh


Hayooo....pasti ngiler kan liatnya?
Saya juga gitu. Jadi dengan penuh semangat saya geragas deh salad dan fruit cake-nya. Dan ternyata.....yaaa gitu deh. Rasanya gak beda dengan salad pada umumnya. Saya emang gak doyan sayur mentah sih ya, jadi gak peduli selengkap apapun salad itu yaa rasanya tetap aja makan sayur mentah.
Kalo soal fruit cake...lumayan enak kok. Cake-nya lembut dan lumer di mulut, sayang aja buahnya yang dipake buah kering. Jadi ada sensasi kecut - kecut kenyal gitu deh. Aduh saya tukang protes banget yaaaa.

Meski begitu, saya gak kapok dong. Rasanya percobaan untuk mengkreasikan ulang makanan Blyton gak lengkap kalo gak nyoba piknik outdoor.
Jadi Blyton itu sukaaaaa banget masukkin adegan piknik di buku-bukunya. Dan bekal piknik yang dibawa itu yo'i-yo'i. Trus diceritakan kalo para tokohnya tuh selalu makan dengan lahap karena "udara luar mempengaruhi selera makan".

Jadi saya pikir, kali aja kemarin-kemarin saya anggap makanan itu gak enak karena suasananya kurang mendukung #halah. Mestinya saya nyoba makan di udara luar, di daerah padang berumput gitu. Ahiiww...
Jadi dengan sepenuh niat, saya pun mencari lokasi yang tepat untuk piknik saya. Dan setelah berkontemplasi (halah!), saya pun memilih piknik di....Cibodas.
Yaa...emang bukan padang rumput di Inggris sih, tapi beda tipis mah gak papa kan. #sakarepmu

 

Dan makanan piknik yang jadi acuan saya tuh yang ini :
"Mereka membuka sekaleng makanan daging, mengiris-iris roti, lalu memakannya dengan nikmat. Sesudah itu mereka membuka sebuah kaleng berisi buah nanas yang segar lalu memakannya pula. Tetapi mereka masih tetap merasa lapar! Karena itu menyusul dua kaleng sarden, yang diambil isinya dengan biskuit sebagai sendok. Benar-benar santapan yang nikmat. Seperti makanan raja-raja!"
Wogh! Mari kita visualisasikan makanan di atas. Yang didapat hasil seperti ini :


Tampak seret ya makanannya. #lho Sebenernya sih saya suka hampir semua jenis makanan di gambar itu. Tapi kalo digabung...eng....ini pengalaman saya :
1. corned beef digabung roti jelas enak. Tapi makan corned beef dingin bukanlah ide tercerdas abad ini.
2. Saya alergi nanas. Jadi abis makan nanas kalengan, yang ada saya sibuk cari obat anti alergi karena satu mulut rasanya gataaalll semua :| (apes amat sih iniiii #nangisketawa).
3. Sarden mentah itu gak enaak!!!! (*0*) Ampe sekarang saya masih eneg kalo mencium bau sarden mentah.

Sejujurnya pengalaman piknik itu rada bikin kapok. Sekarang saya udah gak segitu penasaran lagi sama makanan enggres ato makanan apapun yang dibahas di buku. Intinya....saya kapok terpengaruh "jualan" media lagi.
Lebih enak makanan makassar yang udah ketahuan rasanya kayak kapurung, palu basah, coto, dan ikan asin sunu deh. Yeah!
Tapi yaahh....saya gak bisa nahan beli gingerbread cookie ini pas nemu. Cute banget sih.
(walo abis itu misuh-misuh sendiri karena gak doyan sama rasa  jahe dan kayu manis di cookie itu. Hehehe...)

 Etapi biar kapok sama makanan yang "dijual" media, sesungguhnya ada dua makanan dari novel masa kecil yang masih bikin saya penasaran sampe sekarang. Dan keduanya bukan dari novelnya Enid Blyton lho. Malah dari seri Narnia-nya C.S. Lewis.

Yang pertama adalah wafer yang diberikan ratu penyihir kepada Edmun di novel "Sang Singa, si Penyihir, dan Lemari Ajaib".
 "...muncullah sebuah tempat berbentuk bulat, diikat pita sutra warma hijau, yang ketika dibuka ternyata di dalamnya berisi beberapa kilogram makanan yang diinginkan oleh Edmun. Setiap potongnya terasa manis dan lembut, serta rasanya belum pernah Edmun menikmati makanan selezat itu. Sekarang tubuhnya terasa sungguh hangat dan nyaman."
Wuogh! Keren banget itu wafer ampe bikin Edmun ngerasa hangat dan nyaman. Pastilah wafer itu lebih manis daripada senyum dewanya Ben Barnes dan lebih lembut daripada suaranya Shane Westlife #SelaluAdaAlasanUntukNyebutWestlife #WestlifersGarisKeras ( ? ³?)?
(PS : Okay...saya tahu kalo sebenarnya yang dikasi Penyihir ke Edmun itu Turkish delight. Tapi yaaa berhubung novel Narnia pertama yang saya baca itu terbitan Dian Rakyat dan di sindang nyebutnya wafer sih jadi yaaa....wafer deh yang bikin saya mupeng).

Penasaran kedua masih dari kisah Narnia-nya Lewis tapi kali ini dari "Pangeran Kaspian". Adegannya waktu Pevensie bersaudara kesasar di hutan, kecapekan dan mereka makan daging beruang bakar.
"Buah-buahan apel (yang masih banyak mereka miliki) dibungkus dengan daging tersebut seperti bakso besar diisi apel.  Apel berlapis daging itu kemudian ditusuk dengan sebilah kayu runcing dan dipanggang di atas api. Maka, cairan buah apel itu pun membasahi seluruh daging, seperti hidangan daging bakar dengan saus apel."
My...my..my...!!! (º?º)
Daging saus apel sih tahu rasanya. Tapi daging beruang saus apel dengan apelnya meleleh basahin daging, wah saya belum pernah nyoba dan penasaraaaaannnn sama rasanya.
Sebenernya scene ini yang paling saya tunggu di film Prince Caspian, sayang malah gak ada. #yeskeleus

Nah kalo kamu gimana? Ada gak makanan yang dibaca dari buku dan bikin kamu mupeng banget ampe nekat nyobain? Boleh dibagi ceritanya kalo ada.

Salam Westlife!



(PS : Oiya...kalo suatu saat kamu tertarik bikin kue ala bukunya Enid Blyton, bisa coba resepnya di sini)

O ya, kalo mau tau tamu-tamu di blog-blog member BBI yang lain, silahkan klik link berikut:



14 comments:

lalaendut said...

Wah asli laper habis baca postingannya mbak Dewi...

Abzolutekey said...

Salam westlife jugaa.. aku suka shaneeee

Btw.. klo aku penasaran sama butterbeer.. ada yg non alkohol ga ya?

Abzolutekey said...

Salam westlife jugaa.. aku suka shaneeee

Btw.. klo aku penasaran sama butterbeer.. ada yg non alkohol ga ya?

speakercoret said...

Emang pernah ditolak anang masuk idol wi? :o jadi obsesi sama anang tuh gara2 ditolak? #salahfokus

astrid said...

dewiiii nekat amat makan sarden mentah hahaha... aku yang sampe sekarang penasaran adalah limun jahe. kaya gimana ya itu? kaya ginger ale kah?? oiya sama aku juga penasaran dan ngiler dengan makanan di serial harpot. Jus labu sampe ada babat segala kan hihih...kata rowling, dia emang terinspirasi sama blyton dalam hal mendeksripsikan makanan :D

Oky said...

Mba Dewiiii, buset niat amat itu sarden ikan mentahnya dicobain. Mungkin beda jenis ikan di inggris sama di indonesia karena kadar air laut yg berbeda pula *ribet*

Btw, itu namanya turkish delight ya. Oh my, lama bener aku nyariin apa itu yg dimakan edmund di filmnya. Marshmallow bukan, roti kayaknya juga bukan.. pengeeen, di Indonesia dimana ya nyarinya *jadi laper*

Oh, yg gingger bread itu gimana mba rasanya? Kalo ga salah di indonesia juga ada semacam kue jahe, tapi bukan kue sih, kayak manisan gitu jadinya *cuma lupa ga tau namanya*

Kubikel Romance said...

gambarnya bikin laparrrrrrrr
Salam Westlife! peluk cium untuk Shane =))

Anonymous said...

Salam Westlife!
Kalau aku sih, lebih suka Nicky xD
Aduh, baca novel Enid Blyton tuh emang bikin ngiler sengiler ngilernya sampe gak bisa ngapa-ngapain selain ngiler (ketularan lebaynya Kak Dewi) *diblender

ferina said...

hahaha.. apakah perut kalian kruyukan setelah baca posting-an Dewi? saya pun begitu :D

waktu boss-ku liburan ke Turki, gue minta oleh2 Turkish Delight... dan yang dikasih ini, rasa buah markisa katanya, terus teksturnya lembut, ada taburan gula di luarnya, manis-manis mirip mochi :D

dan Dewi emang hebat.. niat nyobai semua yang ada di buku-buku itu.. hmmm... tinggal nyari kacang segala rasa aja kaya'nya :D

HobbyBuku said...

Asli baca Enid Blyton bawaaan selalu bikin laper. Mulai piknik di udara terbuaka (padahal aslinya aku benci serangga) sampai pesta tengah malam. Sempat gara-gara ini dulu minta disekolahkan sekolah asrama, bayanganku kan keren klo bisa ikutan pesta tengah malam. Makan sarden campur nanas ditambah cokelat plus limun jahe, glek-glek air liur menetes (aslinya ngak tahu deh itu rasanya gimana hahaha)

Althesia Silvia said...

hahahaaa mba dewi kalo gak bikin ngakak, skrang nambah bikin laper..tapi emang sih itu deskripsi makanan-makanan di buku kalo diperhatiin emang bisa bikin ngiler abis, tp untunglah aku bukan salah satu yang merhatiin deskripsi makanan di buku kecuali makanan2 di harry potter, kalo yg itu gk bisa nolak

dalli said...

Aku Salam Lestari aja deh mbak!!! #NggakNyambung :D

Tapi, aku juga seuka sama Westlife loh mbak. Cuman suka lagu nya tok :D
Mbak, seumur-umur aku nggak pernah kepikiran makan sarden mentah. Sumpah! Tapi, pas baca.. kok rada' penasaran juga ya? #IkiGoro-GoroMbakDewi ...

Lucu juga pas mbak Dewi memvisualisasikan apa yang ada di buku dengan kenyataan. Kapan-kapan mau coba deh untuk memvisualisasikan yang ada di buku .. :D

-Indah- said...

ahahahaha.. deskripsi makanannya enid emang bikin pengen ikutan ada dalam buku tersebut buat nyicipin rasanya yaa :))

bzee said...

Wakakak.. baca postingan ini yg ada ngakak sambil ngeces *oops... Niat banget segala makanan dicobain, tapi gimana gitu ya kok ga ada yg sukses XD

 

lemari bukuku Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang