Wednesday, September 21, 2016

Crazy Rich Asians


Crazy Rich Asians (Kaya Tujuh Turunan)
Kevin Kwan @ 2013
Cindy Kristanto (Terj.)
GPU - 2016
480 Hal.

Ketika pertama liat cover edisi bahasa Inggris, gue sama sekali gak tertarik, meskipun dengan gemerlap di cover. Bahkan gue kirain ini buku non-fiksi. Buku ini bisa membuat loe ‘sinting’ ngebayangin betapa gampangnya para tokoh dalam buku ini ngabisin uang, atau ternyata harta, kekayaan tetap jadi faktor penting dalam pergaulan dan perjodohan.

Tapi jujur aja, membaca buku ini,  bagaikan nonton opera sabun atau sinetron dalam versi ringkas. Selesai dalam satu buku, lengkap dengan segala intrik-intrik tokoh yang sirik, iri, seorang ibu yang menggunakan berbagai cara biar anaknya berpaling dari kekasihnya, menggunakan uang agar tetap terlihat paling ‘gemerlap’, bahkan salah satu yang ajaib, adalah ketika salah satu tokoh menikah, dia bukannya deg2an, tapi malah sibuk memerhatikan tamu yang datang, menebak-nebak rancangan siapa busana yang mereka pakai.

Mungkin di awal akan pusing ketika kita langsung disajikan pohon keluarga dari tiga marga yang menjadi tokoh utama dalam cerita ini. Tapi ini akan sangat membantu di awal-awal, karena banyaknya tokoh yang bertebaran. Bukan hanya tokoh utama, tapi teman-teman dari si tokoh, turut ‘meramaikan’ buku ini. Dan membuat buku ini jadi seru!!

Berpusat pada pasangan Nicholas Young dan Rachel Chu. Nicholas Young adalah salah satu pemuda tampan, super kaya, tapi juga pintar. Mereka berdua berprofesi sebagai dosen di New York. Rachel gak tau dengan latar belakang Nick yang sebenarnya.

Masalah dimulai ketika Nick mengajak Rachel pulang ke Singapura, di mana Nick diminta sahabatnya untuk jadi pengiring pengantin pria. Berita kepulangan Nick dan pacarnya malah sudah tersebar sebelum pasangan ini naik pesawat. Ibu Nick mulai kasak-kusuk mencari tahu siapa Rachel sebenarnya. Anak  siapakah dia, keturunan klan siapakah dia …

Selain Nick dan Rachel, tokoh utama dalam buku ini adalah Astrid Leong. Seorang sosialita, yang beli baju udah kaya’ beli gorengan … tapi ternyata harta memang gak selalu menjamin kebahagiaan, buktinya rumah tangga Astrid sedang dalam bahaya, ketika suaminya merasa tidak nyaman dengan segala hal-hal tersebut.


Banyak yang nyebelin, tapi juga lucu. Misalnya Eddie yang pengen banget keluarganya tampil sempurna, atau jet pribadi, kapal pesiar pribadi yang bertebaran dalam buku ini. Oya, selain itu, tiba-tiba para perempuan single, mantan-mantan pacar Nick, sibuk mencari cara untuk merebut perhatian Nick kembali, emak-emak nyinyir yang bergosip plus saling kompor. Pokoknya sepanjang buku ini, pembaca akan disuguhi dengan segala kemewahan yang super luar biasa, yang kadang malah bikin Nick dan Rachel jadi gak menarik. I love Astrid more, dengan kesederhanaan yang ‘berkelas’, tanpa berusaha keras untuk ‘unjuk diri’, orang tahu siapa dirinya.

1 comments:

Claude C Kenni said...

Wahhh, keliatannya seru nih, konflik keluarga, kayak The Dream of Red Mansion gitu ya?

 

lemari bukuku Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang