Tuesday, May 08, 2012

James and the Giant Peach



James and the Giant Peach (James dan Persik Raksasa)
Roald Dahl @ 1961
Quentin Blake (illustrator)
Poppy Damayanti Chusfani (Terj.)
GPU – Cet. II, Januari 2010
192 hal.
(Gramedia Plasa Semanggi)

Setelah orang tuanya meninggal karena dimakan badak, James Henry Trotter terpaksa tinggal bersama kedua bibinya – Bibi Sponge dan Bibi Spiker. Seandainya kedua bibi ini bersikap manis, menyenangkan dan penuh kasih sayang, pasti James akan senang tinggal di rumah di atas bukit itu. Tapi, Bibi Sponge dan Bibi Spiker memperlakukannya seperti pembantu dan tidak pernah sekali pun memanggil James dengan namanya. James dipanggil dengan sebutan-sebutan yang menyakitkan. James selalu disuruh bekerja keras, tidak boleh bermain dan baru boleh makan kalau sudah selesai semua pekerjaan. Itu pun kalau dia tidak dihukum.

Suatu hari, di hari yang panas, seperti biasa James diperintah untuk melakukan tugas-tugasnya, sementara kedua bibinya bersantai. Tapi, James yang sudah terlalu lelah, akhirnya tidak bisa mengerjakan tugas dengan baik dan tentu saja, dia pun dihukum.

Ketika sedang menjalani hukuman itu, tiba-tiba muncul seorang pria kecil yang menawarkan cairan ajaib yang bisa membuat hal-hal yang menakjubkan. Pria misterius itu meminta James untuk berhati-hati. Tapi, karena terlalu excited, James malah terjatuh dan menumpahkan cairan itu ke tanah. Dan, terjadilah hal yang menakjubkan itu.

Di pekarangan rumah Bibi Sponge dan Bibi Spiker ada sebuah pohon persik. Dan tiba-tiba saja, buah persik itu membesar … sebesar-besarnya. Bibi Sponge dan Bibi Spiker yang serakah, langsung meminta bayaran pada orang-orang yang ingin melihat buah persik raksasa itu.


 Saat membersihkan sampah yang ditinggalkan para penonton, James pun mengalami hal-hal yang menakjubkan. Ia ‘terperosok’ masuk ke dalam buah persik raksasa itu dan bertemu dengan Kakek Belalang Hijau, Lipan yang selalu sibuk dengan sepatunya, Nona Laba-laba, Ulat Sutra, Cacing Cahaya, Cacing Tanah dan Kepik. Ia berkenalan dengan mereka  - sahabat-sahabat yang baik hati, yang belum pernah ia miliki selama ini.

Seperti buku-buku Roald Dahl yang lain, pasti ada tokoh yang antagonis yang kelakukannya ekstrim banget. Tapi di sini, Bibi Sponge dan Bibi Spiker yang jahat itu hanya muncul sebentar, selebih adalah cerita petualangan yang menakjubkan dan menyenangkan. Perjalanan James dan teman-temannya dengan buah persik raksasa membuat kehebohan sampai ke Amerika!

Ini adalah salah satu buku Roald Dahl favorit gue. Dan, eh.. ada filmnya… pengen liat…

3 comments:

monic said...

Film dari novel atau kebalikannya?
Animasi di film tampak menggoda. :D

miamembaca said...

Jadi inget belum review buku ini hehe. Bagus dan unik seperti biasa, siapa sangka jatuhnya peach itu di sana, hahaha.

ferina said...

@monic: novelnya duluan. emang nih, jadi pengen cari filmnya

@mia: hehehe.. heboh pastinya ngeliat buah peach nangkring di sana itu :D

 

lemari bukuku Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang