Thursday, October 27, 2011

Di Balik Lemari Buku…


Buku… satu hal yang masih terus melekat dari gue kecil sampai sekarang. Gue juga bingung kenapa di dalam keluarga gue, di antara kakak dan adik-adik gue, hanya gue yang kadar hobi bacanya lebih. Samar-samar, gue masih inget bacaan gue waktu kecil – mulai dari Bobo yang ditunggu-tunggu setiap hari Kamis pulang sekolah, seri Lima Sekawan (yang sekarang nyesel udah gue kasih ke orang…), komik Smurf dan Asteris (sampai sekarang, gue masih suka berharap mereka betulan ada…). Pas udah gede begini, gue bacaan gue mulai bervariasi – perkenalan gue yang pertama dengan novel tebel adalah baca bukunya Danielle Steel yang judulnya The Wings (kalo gak salah) dan gue sempat jadi kolektor buku-buku Danielle Steele.

Berkenalan dengan milis pasarbuku, membaca cerita orang-orang di milis itu, bacaan gue jadi semakin beragam – mulai dari novel Pramoedya Ananta Toer, kenalan sama genre fantasi, historical-fiction dan lain-lain. Wawasan gue jadi tambah luas. Bacaan gue gak hanya berkisar dari satu penulis tertentu.

Tentang akhirnya gue ‘tercebur’ dalam dunia nge-blog, awalnya, gak berniat bikin blog buku sendiri. Nge-blog sendiri bermula sekitar tahun 2003, waktu itu hanya pengen nulis aja – ikut-kutan orang gitu. Pengen tau blog itu kaya’ apa, buat apa. Sempet mikir, siapa ya yang mau baca blog gue? Maklum, sifat introvert dalam diri gue, bikin gue gak percaya diri.

Lalu, mulailah cerita ngalor-ngidul, gak penting, tentang cerita sehari-hari di blog lama gue. Ada tentang jalan-jalan, tentang film… tapi lama-lama, kenapa banyakan posting tentang buku?

Maka diputuskan untuk memisahkan antara blog tentang curhat sehari-hari dengan blog buku. (bahkan gue sempet bikin blog khusus untuk ‘review’ film lho… )

Akhirnya, tahun 2007, resmilah gue punya blog buku. . Ya, tujuannya sih cuma pengen nulis aja apa yang udah gue baca. Terinspirasi juga dengan hasil blog walking ke para blogger buku, yang ternyata keren-keren

Dengan adanya blog buku ini, gue mendapat tambahan banyak temen baru yang punya kesukaan sama dengan gue. Yang gak peduli apa komentar orang ketika baca buku romance – yang katanya isinya hanya mimpi. Bertemu teman-teman baru ini banyak menularkan tipe buku yang suka mereka baca ke gue. Bikin ‘mupeng’ dengan buku-buku mereka yang keren-keren atau buku-buku yang sama sekali tadinya gak terpikir untuk gue baca.

Salah seorang teman yang ‘setia’ dari awal menyemangati gue adalah Om Tan. Perkenalan sejak di milis pasarbuku, membahas buku ‘In the Name of the Rose’. Hehehe.. canggih kan bahasannya?

Gue sendiri masih suka malu kalo bilang isi blog ini adalah ‘resensi’ atau ‘review’ buku. Kenapa? Soalnya, gue jarang meng-kritik isi buku itu. Kalo pun ada, biasanya gak mendalam seperti yang suka gue baca di blog temen-temen yang lain. Paling gue sekadar sharing, apa yang gue rasain waktu baca buku itu, tokoh mana yang gue suka, mana yang nyebelin. (lagi-lagi), gue gak pede meng-kritik. Hehehe.. gue terlalu mikirin orang lain kali ya, jadi setiap gue mau nulis yang rada ‘jelek-jelek’, gue suka mikir, “Duh, siapa gue sih, berani-beraninya nulis yang jelek-jelek.”

Soal lay-out blog ini, entah sudah berapa kali ‘ganti baju’. Dan yang terakhir yang sekarang lagi di pake, yang gue rasa paling pas – simple dan bersih. Tapi masih bisa ditambah aksesoris yang lain.

Sekarang, gue jadi makin semangat untuk nulis di blog buku gue ini. Program ‘Baca Bareng’ sama temen-temen di Blogger Buku Indonesia bikin ‘ketagihan’. Minat yang sama membuat ada semangat baru dalam membaca dan membuat 'review'. Becandaan, kegalauan, kecentilan dan si Bebi yang sok imut membuat gue jadi sering tertawa-tawa, senyum-senyum sendiri di depan monitor komputer ini.

Bonus tambahan - gara-gara perkenalan gue dengan teman-teman BBI, gue sering kebagian ‘buntelan’ – tiba-tiba sering ketiban rejeki hasil menang kuis hehehe.. atau, ikut ketagihan ber-swap ria. O iya... pinjem-pinjeman buku juga...

Terima kasih ya, buat teman-teman yang udah mencemplungkan gue ke dalam BBI. Nice to ‘meet’ you all… *hugs*

*ma’af tulisannya berantakan begini… gak fokus gara-gara boss bolak-balik ke meja :D*

posting ini dibuat dalam rangka memperingati hari blogger nasional 2011, sekaligus sebagai postingan bersama BBI.

8 comments:

htanzil said...

wah, kita sama2 jebolan milis pasarbuku yg legendaris itu ya Fer..:) Sy malah lupa dgn diskusi pertama kita soal The Name of The Rose ..:)

Senangnya bisa saling menyemangati dlm dunia buku ya Fer...

keep reading and blogging! :)

helvry said...

semangat membaca dan semangat menulis..
ini 'baju' blognya keren kok, hehehe

Penikmat Buku said...

milis pasarbuku sekarang isinya orang jualan mulu --" padahal pengen juga bisa kayak dulu lagi

ferina said...

@htanzil: waktu itu rasanya kita suka email2an tentang macem2 buku ya, om. mulai dari bukunya mang jamal, Da Vinci Code... terus apa lagi ya?

@helvry: semangat terus... :)

Astrid said...

haha gw inget pertama kali beli buku dr lo gara2 baca di pasarbuku fer..jonathan strange yg sampe skrng masih jadi favorit =D dan selain reygreena, blog lo adalah salah satu yg paling awal gw baca deh..sampe skrg akhirnya "jodoh" di BBI, hehe..ayo kopdaaaar!!!!

ferina said...

@Astrid: hehehe.. kapan ya bisa kopdar?

@Penikmat Buku: *hmmm.. aku juga jualan buku.. :D*
tapi iya, ya, sekarang gak ada tuh diskusi buku yang suka bikin 'panas'. mungkin udah sibuk di 'media' lain kali ya.

Maya Floria Yasmin said...

sama, mbak. dulu juga bikin blog yang isinya sering ngalor ngidul, dan akhirnya malah banyakan postingan tentang buku :')

miamembaca said...

Ah ya saya ingat dulu pas jaman kuliah dan masih ngeblog biasa ttg random things sering mampir blog buku ini mbak, sama kasusnya dengan mbak Ferina, blog kok banyakan ttg buku mulu, akhirnya diputuskan untuk buat 1 blog khusus buku. Keputusan yang tidak saya sesalkan karena dari sana saya kenal banyak teman sesama penggila buku.
*peluk*

 

lemari bukuku Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang