Tuesday, May 20, 2014

Lockwood & Co. #1: The Screaming Staircase



Lockwood & Co. #1: The Screaming Staircase (Undakan Menjerit)

Jonathan Stroud @ 2013

Poppy D. Chusfani (Terj.)

GPU – Januari 2014

424 hal.


London dilanda wabah yang serius. Berhubungan dengan Masalah hantu, yang sudah berlangsung selama puluhan tahun. Para penduduk kota tidak berani keluar di waktu malam. Perlindungan diperketat. Mereka melengkapi diri mereka dengan lavendel, rumah mereka dipasang besi-besi agar para Pengunjung tidak berani mendekat. Para Pengunjung menebar ketakutan, bahkan bisa berakibat kematian. Maka berdirilah agensi pengusir Pengunjung itu. Yang terbesar adalah Fittes. Tapi ada juga agensi-agensi kecil seperti Lockwood & Co, dengan pemilik bernama Anthony Lockwood. Yang unik nih, para pengusir yang tergabung dalam agensi-agensi tersebut adalah anak-anak. Nah, karena itu, seharusnya ada penyelia – orang dewasa – yang mengawasi jalannya operasi agensi-agensi tersebut.

Lucy Carlyle, seorang anak perempuan yang memilik Bakat Daya Dengar. Ia bergabung di Lockwood & Co. setelah ditolak oleh agensi besar. Di tempat asalnya, Lucy pernah bergabung di sebuah agensi, dan menjadi salah satu agen yang diandalkan. Tapi, karena suatu insiden, ia pun memutuskan pindah ke London.

Anthony Lockwood, seorang remaja yang dengan masa lalu yang misterius, tapi memiliki karakter yang ceria dan memiliki akal serta perhitungan yang tak terduga. Selain itu ada juga George, pemuda gemuk, yang gampang ngambek dan marah, tapi untuk urusan riset, serahkan padanya.

Memang dalam mengatasi sebuah kasus, dibutuhkan riset yang mendalam – misalnya tentang latar belakang bangunan yang akan mereka datangi, tapi terkadang, Lockwood yang sering mengabaikan hal tersebut hingga dalam kasus terakhir, riset yang kurang, tindakan yang tanpa perhitungan membuat mereka harus membayar ganti rugi yang sangat besar.

Optimisme Lockwood terbukti dengan adanya tawaran untuk menemukan Sumber yang bisa mengusir dan membasmi Pengunjung di sebuah rumah paling berhantu. Tawaran itu datang dari klien kaya raya bernama Fairfax. Meskipun George dan Lucy sedikit ragu, tapi Lockwood dengan gagah berani menerima tawaran itu.

Secara keseluruhan, gue puasssss dengan buku ini. Jonathan Stroud mengobati kerinduan gue akan cerita fantasi yang penuh petualangan, tanpa adanya intrik-intrik cinta segitiga, serigala atau vampire.

Ada humor, misteri, horor dan petualangan yang menjanjikan. Tokoh-tokohnya juga menyenangkan dan mudah untuk disukai. Lockwood yang cuek tapi, sebagai pemimpin ia kerap ada dalam dunianya sendiri, George yang doyan makan tapi teliti dan Lucy, meski terkadang gegabah tapi ia adalah perempuan yang tangguh. Dan meskipun sering berbeda pendapat atau berantem, tapi ketika berada dalam satu tim, menyelesaikan sebuah kasus, mereka saling bahu-membahu. Suka dengan chemistry ketiga tokoh ini.

Untuk cover, menurut gue sih unik. Karena melambang lubang kunci sebuah pintu, yang jadi bagian penting dalam pekerjaan seorang agen. Lewat pintu, mereka masuk ke sebuah ruangan penuh misteri yang menakutkan, dan satu pintu tidak boleh terkunci, sebagai jalan keluar jika dalam bahaya. Tapi, gambar di dalamnya, gak sesuai banget sama isi cerita. Emang sih, berhasil membuat gue ‘merinding’ kalo ngeliat gambar itu lama-lama (lagian iseng banget sih dipandangin), gue udah membayangkan kalau gadis kecil itu adalah salah satu Pengunjung. Kesannya horor banget kan? Gue pun bersiap-siap kalau-kalau ada penampakan.

Membaca cerita ini, gue serasa mengunjungi London yang kelam dan penuh kabut. Semua orang butuh perlindungan dari para hantu, dan kerennya anak-anak memegang peranan penting. Satu perlengkapan agen yang gue suka adalah rappier – kesannya keren gitu ke mana-mana bawa pedang :D

Dan jangan khawatir kalau bingung dengan istilah-istilah aneh di dalam buku ini, karena di bagian akhir tersedia Glosarium yang membantu kita biar jadi lebih paham.

Gue gak sabar menantikan sekuel-nya ‘The Wishpering Skull’ – bahkan nih, gue berharap ada prekuelnya juga… pengen tahu asal-usul dan kisah si Anthony Lockwood. Sekali lagi, Jonathan Stroud berhasil membuat gue kangen dengan tokoh-tokohnya :) Pengen cepet-cepet 'ketemu' lagi di cerita selanjutnya.


Submitted for:

- Lucky No. 14 Reading Challenge – Category: Favorite Author
- Young Adult Reading Challenge 2014
- Children Literature Project

0 comments:

 

lemari bukuku Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang