Monday, May 19, 2014

Found



 

Found

June Oldham @ 1995

Scholastic

199 hal.


Cerita ini berkisah tentang kehidupan di abad 21. Orang-orang kebanyakan bekerja di rumah, semua diatur oleh pemerintah pusat, setiap keluarga hanya punya satu anak, karena jika lebih, maka akan dikenakan pajak yang besar untuk tambahan anak tersebut. Seperti buku dystopia yang lain, maka, di dalam buku ini pun keberadaan buku cetak sangat langka, mereka juga jarang melakukan rekreasi. Dalam salah satu ceritanya, Ren, tokoh utama di novel ini berkata, kalau mau merasakan namanya pantai, tinggal duduk, cari makanan yang pas, dan pasang di screen gambar pantai… maka, bayangkanlah kalau sedang ada di pantai, dan berjemur di bawah sinar matahari. Hmm… tampak garing banget kehidupan kaya’ gitu.

Awal mula buku ini, bercerita tentang Ren yang ‘terpaksa’ diserahkan ibunya ke salah satu kerabatnya, karena ibunya sedang hamil dan tak akan mampu membayar pajak yang lebih besar. Maka, Ren pun ‘diselundupkan’. Tapi, gara-gara jam malam yang berlaku, perempuan yang seharusnya mengantar Ren terpaksa pulang. Ren pun harus bersembunyi di dalam sebuah gua. Status Ren sekarang adalah seorang ‘pelarian’.

Ternyata, di sana ia bertemu dengan Brocket, Lil dan Hillary, di mana mereka akhirnya berusaha menyelamatkan seorang bayi yang dibuang oleh orang tuanya. Bayi itu mereka beri nama ‘Found’. Mereka melakukan perjalanan yang berat, melewati hutan, salju, belum lagi bayi harus diberi makan, minum, baju yang hangat, diganti popoknya dan sakit. Tak hanya itu, mereka juga harus bersembunyi, melarikan diri dari orang lain yang juga mengejar Found.

Ada yang rasanya gak jelas dalam buku ini. Gak tau deh, buku ini tergolong tipis, tapi, gue nyaris seminggu menyelesaikannya karena alur cerita yang sejujurnya nanggung. Misalnya siapa Cob? Kenapa dia mengejar Found? Siapa Mrs. Gimmer, yang selalu menolong mereka itu? Lalu, koq mereka nyaris aman-aman saja dari petugas keamanan yang katanya ketat dan selalu awas itu?

Baca buku seperti, terkadang antara penasaran, tapi pengen udahan. Pengen tahu ending-nya gimana, tapi koq menuju ke sana jalan ceritanya ‘ngeselin’.

Tapi ya sudahlah, it was just ok…,



Submitted for:

- Lucky No. 14 Reading Challenge – Category: First Name Rule
- Books in English Reading Challenge 2014
- Young Adult Reading Challenge 2014
- New Author Reading Challenge 2014

0 comments:

 

lemari bukuku Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang