Wednesday, September 14, 2011

The Candy Makers

The Candy Makers (Para Pembuat Permen)
Wendy Mass @ 2010
Maria Lubis (Terj.)
Penerbit Atria – Juli 2011
556 hal.

Setiap tahun Asosiasi Pengusaha Gula-gula menyelenggarakan Kontes Permen Tahunan. 32 anak-anak berusia 12 tahun terpilih untuk ikut kontes ini dan menciptakan permen baru, yang pemenangnya akan menerima hadiah uang seribu dollar dan permennya akan diproduksi secara massal oleh pabrik permen terkemuka.

Salah satu pabrik permen besar itu, Life is Sweet, tahun ini menerima 4 orang peserta untuk diberi bimbingan sebelum mendaftarkan permen mereka. Mereka adalah Logan Sweet, Miles O’Leary, Daisy Carpenter dan Phillip Ransford III.

Logan Sweet, tak lain adalah anak pemilik Life is Sweet. Kakeknyalah yang mendirikan pabrik ini. Kakek dan ayahnya, dulu juga adalah peserta kontes ini dan keduanya menjadi pemenang. Dan Logan berharap ia bisa mengikuti jejak kakek dan ayahnya. Kehidupan Logan memang berkisar di dalam pabrik itu.

Di hari yang cerah itu, Logan bersiap menyambut ketiga kontestan lainnya. Bisa dibilang Logan tidak punya teman sebaya dengannya, temannya hanya pegawai pabrik itu yang sudah seperti keluarga sendiri. Meskipun deg-degan, Logan antusias berkenalan dengan teman-teman baru sekaligus pesaingnya.

Ada Miles O’Leary yang gemar berbicara terbalik, punya banyak phobia dan suka berbicara tentang ‘kehidupan yang akan datang’, lalu Daisy Carpenter, satu-satunya peserta perempuan di kelompok mereka, suka baca novel roman, pakai kaus kaki yang berlainan, dan yang terakhir, Phillip Ransford III yang angkuh, menyebalkan, gila ‘kebersihan’, suka menulis catatan misterius di bukunya dan bisa dibilang yang paling ambisius.

Dengan bangga, Logan mengajak mereka untuk berkeliling pabrik yang ‘menakjubkan’ itu. Meskipun mungkin sudah hafal luar kepala apa saja isi pabrik itu, tetap saja Logan harus memperhatikan dengan seksama setiap petunjuk yang diberikan sebagai bekal untuk menciptakan permen yang hebat.

Membaca buku ini sangat menyenangkan buat gue. Mengingatkan gue pada Charlie and The Chocolate Factory-nya Roald Dahl. Membayangkan aroma permen dan cokelat yang manis, Hutan Tropis-nya, cokelat yang yum-yum… bukan bikin laper, tapi bikin pengen ngembil cokelat berkaramel favorit gue. Ditambah cover-nya yang ‘candy’ banget itu.

Satu lagi yang menarik buat gue, di dalam satu ‘adegan’ yang sama, bergantian setiap peserta bercerita, jadi mendapatkan empat hal yang berbeda dan ternyata membuka banyak rahasia dari masing-masing peserta, rahasia yang sempat membuat gue 'terpana'. Hehehe.. soalnya ternyata motivasi mereka bukan sekedar menciptakan permen ajaib terbaru, tapi... ah, baca sendiri deh...

Sulit buat gue memutuskan siapa favorit gue, soalnya empat-empatnya punya karakter yang berbeda dan asyik. Bahkan si Miles yang terkesan ringkih dan Phillip yang sombong plus ngeselin itu berhasil ‘mencuri’ perhatian gue.

8 comments:

annisaanggiana said...

Mirip Charlie and The Chocolate Factory ya fer? Berapa bintang niy?

ferina said...

@annisaanggiana: bintang 4. kalo dipikir2 lagi, mirip juga sama Benedict Society

Buntelan Kata said...

Yup mirip PMB :)
eh, klo Taffy itu apa yah? kok aku bayanginnya susah yah?

ferina said...

@Buntelan Kata: kaya'nya nih taffy tuh rada 'lengket', kenyal. kaya' sugus mungkin'.

eh.. ini kali lhoo.. aku juga rada bingung

Fiction's World said...

baca resensinya jadi inget charlie and the chocolate factory juga :D dan iyaaa mirip benedict juga :P
tapi kayaknya seru ya :O

Astrid said...

baca review ini menjelang makan siang, jadi laper beneran =D iya jadi inget charlie ya...sepertinya ok buat bacaan santai =)

JUN said...

Sudah 3 blog buku yang aku kunjungi, dan semuanya bikin aku ngiler. Entah karena memang bukunya yang bagus, ato kekuatan tulisan sang reviewer, yang pasti buku ini juga masuk dalam wishlist, haha

Salam kenal.

ferina said...

@Astrid: bukunya emang enak kalo dibaca buat santai2. menyenangkan & mengenyangkan :D

@JUN: blogwalking emang sering bikin ngiler. dan wishlist pun semakin panjang

 

lemari bukuku Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang