Friday, February 03, 2017

Golden


Golden
Wisnu Wardhana (Terj.)
Penerbit Spring – Januari 2017
308 Hal.

Parker Frost, seorang remaja yang hidupnya seolah sudah ‘dipetakan’, ia sudah tau tujuannya selepas SMA, meskipun sejujurnya, itu bukan sesuatu yang terlalu ia inginkan. Ibunya yang ambisius ingin Parker berhasil mendapatkan beasiswa Cruz-Farnetti dan masuk ke fakultas kedokteran. Parker gak pernah bolos sekolah, selalu teratur dan memang termasuk murid yang berprestasi.

Cruz-Farnetti, adalah sebuah yayasan yang didirikan untuk mengenang pasangan Shane Cruz dan Jullianna Farnetti yang tewas dalam badai salju. Keduanya digambarkan sebagai pasangan yang ideal dan sempurna di SMA Summit Lake, sekolah tempat Parker menuntut ilmu. Sepuluh tahun yang lalu, terjadi kecelakaan yang merengut nyawa mereka berdua. Mereka seolah jadi ‘legenda’ dan terus dikenang oleh penduduk Summit Lake. Jenazah mereka tidak pernah ditemukan.

Salah satu guru di SMA Summit Lake, Mr. Kinney, selalu memberikan buku jurnal untuk siswa-siswa tahun terakhir di sekolah itu. Beliau mengajukan pertanyaan ‘Apa yang kamu lakukan terhadap hidupmu yang berharga ini?’ Dan di akhir tahun pelajaran, buku jurnal itu akan dimasukkan ke dalam amplop dan disegel untuk disimpan dan akan dikirimkan kepada mereka sepuluh tahun kemudian.

Parker bertugas sebagai asisten Mr. Kinney, membantu untuk menempelkan perangko dan label alamat untuk mengirimkan jurnal-jurnal itu. Untuk tahun ini, salah satu jurnal itu adalah milik Julianna Farnetti. Rasa ingin tahu, membuat Parker membuka dan membaca jurnal itu. Seperti apakah kehidupan dan pribadi Julianna Farnetti yang melegenda itu? Apakah benar ia sesempurna yang seperti yang terpampang di billboard besar di Summit Lake?

Membaca jurnal itu, tak hanya membuka pikiran Parker tentang Julianna Farnetti, tapi juga membuka hal-hal baru dalam diri Parker – tentang keberanian untuk mencoba hal-hal baru, melakukan hal-hal ‘melenceng’ sesekali dan menentukan pilihan-pilihannya sendiri. Sebuah harapan baru juga yang membuat Parker berani melakukan perjalanan, mencari jejak Julianna.

Yang gue suka dari buku ini, pertama: covernya, kedua, gue suka bagian-bagian tulisan Julianna Farnetti, sayangnya kurang banyak. Pengen gitu gue lebih jauh mengenal Julianna, Shane dan Orion. Menarik untuk menulis apa yang kita pikirkan sekarang, lalu dibaca lagi entah beberapa tahun kemudian. Mungkin nih, kaya’ kalo baca diary jaman-jaman SMP-SMA dulu, mungkin berasa malu karena koq gue bisa ‘senorak’ itu, atau justru merasa bersyukur karena hidup gue lebih baik dari pada yang dulu.

Gue suka Parker dengan mimpi-mimpinya ini, gadis yang penurut ini, menjadi lebih hidup dengan Kat, sahabatnya, yang serba spontan. Jadi mengimbangi karakter Parker.

Submitted for:




Kategori: Young Adult

0 comments:

 

lemari bukuku Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang