Wednesday, December 21, 2011

Tiga Manula Jalan-jalan ke Singapura

Tiga Manula Jalan-jalan ke Singapura
Benny Rachmadi @ 2011
Kepustakaan Populer Gramedia - Desember 2011
90 Hal.
(via FB Tiga Manula)


Tersebutlah 3 orang manula, tinggal berdekatan alias tetanggaan. Berasal dari 3 suku yang berbeda, tapi mereka bersahabat. Mereka adalah: Mbah Waluyo – berasal dari Jawa, Engkong Sanip – asal Betawi dan Om Liem – keturunan Cina. Mereka bertiga ini kalo ngomong suka asal, ceplas ceplos, iseng dan kocak.

Satu hari, si Om Liem yang pengusaha itu, lagi sukses berat, gara-gara usaha jualan tablet-nya, pengen berbagi rejeki sama dua sahabatnya itu. Maka, diajaklah Engkong Sanip dan Mbah Waluyo jalan-jalan ke Singapura.

Berbeda dengan Om Liem yang udah ‘go international’, Engkong Sanip dan Mbah Waluyo belum pernah naik pesawat, apalagi keluar negeri. Kehebohan dan kekocakan dimulai sejak packing. Si Engkong Sanip pengen bawa ayam peliharaannya, terus Mbah Waluyo yang rada kleyengan di pesawat tiba-tiba ngeluarin minyak angin cap PPO yang sukses bikin seisi pesawat pusing plus bikin Om Liem dan Engkong Sanip pura-pura gak kenal sama si Embah.

Apa yang disajikan tentang Singapura dalam komik ini sih mungkin bukan hal yang baru. Seperti shopping di Orchard, wisata kuliner, larangan untuk makan permen karet atau merokok, jalan-jalan ke China Town dan Little India, dan gak ketinggalan Universal Studio. Tapi, tingkah laku 3 manula ini berhasil membuat gue terkikik dan ketawa sendiri. Misalnya, Mbah Waluyo yang udah pengen banget ngerokok, serasa ketemu oase di tengah padang pasir begitu ngeliat tempat yang diperbolehkan merokok, malah asbaknya pengen dibawa ke hotel aja. Dan, aroma rokok Mbah Waluyo yang ajaib malah bikin orang di sekitarnya kabur.

Komik ini menghibur sekaligus menyindir tingkah laku orang Indonesia kalo lagi di Singapura, yang kerjanya shopping padahal di Indonesia sih juga ada barang yang sama. Terus gimana kita bisa tertib kalo lagi di luar negeri, tapi gak bisa berlaku sama kalo di negara sendiri.

Ya sudahlah, silahkan baca sendiri aja deh. Kalo diceritain semua di sini, abis deh isi bukunya. Pokoknya ditunggu cerita jalan-jalannya 3 Manula ini ke tempat-tempat lainnya. Dan, silahkan nikmati bonus poster plus 16 halaman berwarna yang bikin ngiler di dalam buku ini.

6 comments:

okeyzz said...

Huwaaa.... lucu =))
Aku blm pernah baca komik indonesia :P

Althesia Silvia Koyongian said...

jadi pengen bacaaa..kocak tuh..blm pernah juga baca komik gini..bergambar gak nih?

ferina said...

@okeyzz: aku sih juga jarang baca komik indonesia, tapi krn udah tau pernah baca yang lain, jadinya gak ragu deh mau baca yang ini.

@Althesia: bergambar, Esi. Ada yang berwarna, ada yang gak. Tapi.. kocak!

Maya Floria Yasmin said...

kalau kartunisnya benny pasti keren. apakah kocaknya mirip2 benny and mice?

ferina said...

@Maya: iya, sama kocaknya

ferinaldy said...

mau buku ini gratis? mampir ke http://festivalindonesia.wordpress.com/2012/02/17/gratis-buku-tiga-manula-jalan-jalan-ke-singapura/

 

lemari bukuku Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang