Wednesday, July 27, 2011

The Thief

The Thief (Sang Pencuri dari Eddis)
Megan Whalen Turner @ 1996
Zaky Yamani (Terj.)
GPU – Juni 2011
360 hal.

Gen, dipenjara karena kebodohannya sendiri. Ia membual bias mencuri apa saja, tapi malah memamerkan hasil curiannya di sebuah kedai anggur.

Suatu hari, penasihat Raja Sounis, sang Magus datang membebaskannya. Bukan tanpa maksud akhirnya Gen dibebaskan. Sang Magus punya misi khusus untuk mau merepotkan diri melakukan hal itu.

Sang Magus meminta Gen untuk mencuri sebuah batu. Batu ini bukan sembarang batu, tapi jika Raja Sounis bisa memiliki batu ini, maka hal ini bisa dijadikan ‘alasan’ untuk menikahi Ratu Eddis dan menyatukan kedua wilayah.

Maka, Gen pun berangkat bersama sang Magus dan rombongan yang terdiri dari 2 orang murid sang Magus dan satu orang pengawal. Perjalanan terbilang lancar. Tak ada hambatan yang berarti kecuali makanan yang harus dihemat, jalan yang terjal dan berbatu. Hambatan sesungguhnya baru terjadi saat Gen harus masuk ke dalam gua tempat batu itu ada.

Terus terang gue rada gak sabar baca buku ini. Membosankan. Karakter Gen juga ‘nyebelin’ banget. Anak muda yang manja, sok cakep, bawel dan kadang sok tahu. Tokoh lain juga gak ada yang – menurut gue – ‘kuat’ karakternya. Padahal dari cover-nya, seolah Gen itu tokoh yang gagah, pemberani dan pantang menyerah. Terlalu ‘macho’ untuk jadi gambaran tokoh seperti Gen.

Jalan cerita juga cenderung datar, saat ada pertempuran pun juga gak membuat jadi tegang. Kaya’nya terlalu bertele-tele. Buku yang gak terlalu tebel ini, mungkin bisa jadi lebih tipis lagi. (duh.. gue jadi sok bisa nulis aja)

Yang menarik justru catatan dari penulis, tentang latar belakang penulisannya dari mana dia mengambil ide cerita, dan daftar buku-buku yang berpengaruh dalam prosesnya jadi penulis. Hmmm.. bisa jadi contekan…

Buku ini ada sekuel-nya, tapi rasanya gue gak tertarik untuk tahu lanjutannya.

7 comments:

Febriasop said...

Nah, ini dia nih, buku yang sempat menarik saya. :D Saya tertarik beli buku ini. Tapi, untung belum terbeli. :)

helvry said...

Lalu dia mencuri apa aja mbak?
hehehe

ferina said...

@Febriashop: sejujurnya buat aku, buku ini gak 'menarik'.

@helvry: cuma batu :D

Fiction's World said...

di sampulnya Gen-nya kayak kiai malah :P
nah paling sebel tuh sama sifat kayak gitu apalagi kalau jadi pemeran utama deh :D

ferina said...

@Fiction's World: oooow... si Gen emang benar2 menyebalkan.

Fanda said...

Trus kenapa di covernya si Gen pake blangkon segala ya? Belum lagi ada gambar wayang di cover belakang. Ada hubungannya kah?

ferina said...

@Fanda: hehehe... cover ini emang gak sesuai banget sama gambaran tokoh si Gen.

Gambar 'wayang' itu sepertinya mau ngegambarin dewa-dewi yang ada di cerita ini. (kali lhoooo....)

 

lemari bukuku Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang