Monday, November 18, 2013

The Laureate’s Party






The Laureate’s Party
Red Fox - 2000
128  hal.
(via Bukumoo123)
Terpilih sebagai penulis pertama untuk Children Laureate, Quentin Blake diminta untuk membuat daftar yang berisi 50 buku anak-anak yang berkesan untuk beliau. Menurut Quentin Blake, ada buku-buku yang begitu berkesan hingga beliau dewasa,  bahkan sudah terbit dengan edisi yang terbaru, ada juga buku-buku yang baru beliau kenal tapi bagus dan juga membuatnya terkesan. Layaknya sebuah pesta, maka Quentin Blake mengundang teman-teman lama – pengen  bernostalgia tentang masa lalu, dan juga teman-teman baru, yang rasanya pengen untuk dikenal lebih jauh.

Jadi di dalam buku The Laureate’s Party ini, Quentin Blake memberikan referensi 50 buku untuk anak-anak, yang terdiri dari picture books, story books dan poetry books.

Wah, dari 50 judul buku, ternyata banyak yang ‘asing’ untuk gue. Di antara pilihan Grandpa Blake ini, yang familiar untuk gue ada  Beatrix Potter di bagian picture books, lalu Stuart Little, - E.B White, Five Children and It – E. Nesbit, Northern Light- Phillip Pullman. O ya, ada juga referensi buku untuk anak-anak yang lebih tua – mungkin sekitar 10 tahun ke atas kali ya, beliau kasih beberapa judul, seperti: Great Expectation – Charles Dickens, Through the Looking Glass and What Alice Found There – Lewis Caroll, atau Huckleberry Finn – Mark Twain, dan gak ketinggalan bukunya Roald Dahl dong. Di antara sekian banyak buku Roald Dahl yang dibuat ilustrasinya oleh Quentin Blake, beliau memilih The Esio Trot.

Quentin Blake menuliskan kesan-kesan kenapa beliau memilih 50 judul buku tersebut – entah karena kesan ketika pertama kali baca, karena temenan sama yang nulis atau gambar ilustrasi bukunya, atau juga karena ilustrasinya dibuat sendiri oleh beliau.

Gak puas hanya 50,  Quentin Blake kasih lagi 20 judul buku sebagai tambahan – di antaranya Northanger Abbey – Jane Austen, Christmas Carol – Charles Dickens, Catcher in the Rye – JD Salinger, Wind in the Willows – Kenneth Grahame atau Lord of the Flies – William Golding

Meskipun bukunya gak masuk dalam daftar, Quentin Blake juga menyebut nama JK Rowling dan Jacqueline Wilson di dalam pengantarnya.

Di akhir buku ini, ada lembar-lembar kosong untuk menulis daftar buku-buku favorit kita sendiri. Sampai 50 gak ya? Selain tentu saja ada ilustrasi dari Quentin Blake, buku ini bisa jadi referensi untuk cari buku anak-anak.

Dalam program Children's Laureate ini, penulis yang terpilih mengadakan serangkaian kegiatan untuk mempromosikan buku anak-anak, misalnya mengadakan acara baca di sekolah, pameran buku, kolaborasi menulis buku dengan penulis lain. Intinya, untuk meningkatkan minat baca di kalangan anak-anak dan memberi penghargaan bagi bacaan anak.

0 comments:

 

lemari bukuku Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang