Tuesday, October 29, 2013

Frankie vs Bajak Laut Perompak




Frankie’s Magic Football #1: Frankie vs The Pirate Pillagers
(Frankie vs Bajak Laut Perompak)
Nina Andiana (Terj.)
GPU, Oktober 2013
80 hal.
Untuk usia 6 tahun ke atas
(via @HobbyBuku)

Frank Lampard - seorang pemain bola asal Inggris, yang tergabung dalam klub Chelsea (yah.. ini sih sumber yang gue dapat dari om Wiki, berhubung gue gak terlalu ‘akrab’ dengan dunia persepakbolaan).

Dan ternyata, selain jago bermain bola, Frank Lampard juga menulis buku untuk anak-anak, sebuah seri berjudul Frankie’s Magic Football. Buku ini sudah ada 3 seri, dan semoga terus ada lanjutannya sih. Seri pertama, Frankie vs The Pirate Pillagers sudah diterjemahkan oleh Gramedia Pustaka Utama.

“The idea for Frankie’s Magic Football came from reading bedtime stories to my daughters. Adventure stories are their favorite and I wanted to combine my love for football with something that I could read to them, that they would love too.

Frankie’s Magic Football reminds me of the stories that I used to like to read. Frankie’s friends also remind me of the mates that I used to kick a football about with when I was young, as well as some of the players I’ve met during my career.”


Tokoh utama, anak kecil bernama Frankie, tentu saja jagoan main bola. Teman-temannya adalah Charlie, si penjaga gawang, ke mana-mana selalu memakai sarung tangan kiper, Louise dan Max, anjing Frankie.

Suatu hari, di pasar malam, Frankie mengadu keberuntungan memasukkan bola ke dalam ember, dan tentu saja Frankie berhasil. Hadiahnya adalah sebuah bola sepak tua. Meskipun agak aneh, tapi Frankie tenang-tenang aja.

Petualangan dimulai, ketika mereka sedang bermain bola itu di taman dengan gawang berbentuk sebuah kapal bajak laut, bola itu tidak sengaja masuk ke dalam lubang, dan ketika Frankie dan teman-temannya ingin mengambil bola tersebut, mereka malah tersedot ke dalam sebuah terowongan panjang, dan muncul di kapal bajak laut itu. Para bajak laut perompak, Kapten Cropper, pemilik The Jolly Striker, Rolf dan Scarlett, mengira mereka ingin mencuri harta karun.

Agar bisa lepas dari kapal bajak laut itu, Frankie, Charlie, Louise dan Max, harus menjadi sebuah tim sepak bola, mengatur strategi agar bisa mengalahkan tim The Jolly Striker. Kalau mereka kalah, wah, mereka bakalan terdampar di sebuah pulau terpencil.

Menarik membaca sebuah tulisan dari seseorang yang profesi utamanya bukan penulis, tapi ia berbagi tentang dunia yang ia kenal kepada anak-anak, agar anak-anak jadi tertarik.  Cerita tentang persahabatan dan kerja sama. Font-nya yang besar-besar pas untuk anak-anak. Dan pas banget juga buat Mika yang suka bola – meskipun sempet protes karena isinya (nyaris) tulisan semua hehehe… 

Posting ini dibuat untuk diikutsertakan dalam event Fun Year With Children’s Literature yang dihost oleh B’zee

 

0 comments:

 

lemari bukuku Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang