Monday, January 30, 2017

Holy Mother


Holy Mother
Akiyoshi Rikako
Andry Setiawan (Terj.)
Penerbit Haru – Oktober 2016
284 Hal.

Di kota Aiidee, Jepang, ditemukan mayat seorang anak laki-laki dengan kondisi  yang mengerikan. Tapi tidak temukan tanda-tanda yang mengarah pada pelakunya. Tak ada jejak, semua sangat rapi. Bahkan, kalo menurut detektif yang menyelidiki kasus ini, mayat tersebut diperlakukan dengan penuh ‘cinta’.

Kota Aiidee adalah kota yang tingkat kriminalnya sangat minim. Ketika kasus ini terjadi, karuan membuat orang tua jadi parno. Sebut saja Honami, yang bertekad melindungi putri satu-satunya dan akan melakukan apa pun untuk menjaga keselamatan putrinya.

Namun, saat kepolisian belum berhasil menemukan titik terang, jatuh korban kedua. Dengan kondisi yang sama. Tapi … sang pelaku justru merasa ada yang salah … ada bekas-bekas kejahatan lain, sesuatu yang tidak ia lakukan. Berarti ada orang lain yang mengetahui perbuatannya tersebut.

Pelaku mengincar anak laki-laki kecil, yang punya kecenderungan bersikap kasar terhadap teman perempuannya. Dengan membunuh anak laki-laki itu, ia yakin sudah ‘mengurangi’ laki-laki yang berpotensi jahat ketika beranjak dewasa.

Berbeda dengan novel-novel misteri yang sering gue baca – dalam novel misteri Jepang, pembaca seperti diajak menelusuri jejak masa lalu pelaku, bermain dengan emosi dan psikologi pelaku pembunuhan tersebut. Sekilas gak akan beda dengan orang-orang ‘biasa’ – contoh di novel ‘OUT’ atau dalam ‘Kesetiaan Mr. X’, pelakunya adalah ibu rumah tangga – yang di luar apa yang mereka lakukan, memiliki kehidupan yang biasa-biasa aja.

Ending dari novel ini benar-benar gak terduga, sempat membuat gue bingung dan menyesatkan … tapi ini yang lagi-lagi membuat gue ‘cinta’ sama novel-novel Jepang, di mana gue menemukan sesuatu yang ‘aneh’, yang tak terduga dan gak bisa, tapi tetap bisa gue terima.

Satu yang gak suka dari novel ini, adalah cover-nya yang ‘spooky’ banget. Sama dengan dua buku lainnya, yang juga gak kalah ‘spooky’ tapi setelah baca ini, malah ‘memanggil-manggil’ untuk gue baca. 

Hehehe.. review singkat aja, karena kalo panjang-panjang takut spoiler.


Submitted for:


Kategori: Thriller and Crime Fiction

0 comments:

 

lemari bukuku Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang