Wednesday, April 23, 2014

Peter Nimble and His Fantastic Eyes



 

Peter Nimble and His Fantastic Eyes (Peter Nimble dan Mata Ajaib)

Rosemary Kesauly (Terj.)
GPU, February 2014
432 hal.
(Birthday gift)

Peter Nimble, seorang anak laki-laki buta berusia 10 tahun. Konon kabarnya, ia ditemukan terapung-apun di dalam sebuah keranjang ketika masih bayi di tengah laut. Seekor burung gagak mematuk kedua matanya, hingga akhirnya ia buta. Karena itu, ketika beranjak besar, Peter Nimble trauma dengan air dan burung gagak. Oleh warga setempat, ia dibawa ke panti asuhan.

Tanpa ada yang mengawasi, mengasuh dan menjaganya, sejak kecil Peter Nimble terbiasa berusaha sendiri memenuhi segala kebutuhannya. Peter bukan anak nakal, tapi tak ada cara lain baginya untuk mendapatkan pakaian atau makanan selain dengan cara mencuri. Saking gesitnya, ia tak pernah tertangkap. ‘Bakat’ ini diketahui oleh Mr. Seamus, yang kemudian mengajaknya tinggal bersama dan  melatih Peter untuk membuka berbagai macam gembok atau kunci. Siang hari, Peter harus mencuri makanan di pasar dan malam hari, ia harus masuk ke rumah-rumah, mencuri berbagai barang berharga untuk dijual oleh Mr. Seamus yang licik itu.

Tak bisa melihat membuat indra penciuman dan pendengaran Peter Nimble sangat tajam. Keahlian yang sangat berguna, yang mempertemukan Peter Nimble dengan seorang pedagang keliling ketika ia sedang disuruh mencuri oleh Mr. Seamus. Dari hasil mencuri pedagang keliling bernama Mr. Pound itu, Peter mendapatkan sebuah Kotak Ajaib berisi 3 pasang mata, yang membawanya pada petualangan yang menakjubkan dan mengubah hidupnya.

Mata pertama, mata emas, membawa Peter Nimble bertemu dengan Profesor Cake, di mana sebuah petualangan seru dan menegangkan menanti Peter. Peter harus menyelamatkan sebuah Kerajaan yang Lenyap dari kekuasaan Raja Palsu, di mana ia ditemani Sir Tode, seorang ksatria yang dikutuk jadi kucing-kuda.

Buku ini keren.. keren.. dan keren… Suka.. suka dan suka… Karena banyak bagian yang bisa dijelajahi bersama Peter Nimble dan Sir Tode yang bikin gue gemes. Di awal keduanya suka bertengkar, tapi seperti kata Profesor Cake, pertemanan yang abadi justru diawali dengan pertengkaran dan sesekali diisi dengan perbedaan pendapat, bukan dengan kata-kata yang selalu manis.

Sebuah dunia lain yang penuh gurun pasir, istana yang bersih mengkilat dan sempurna, serta terowonga bawah tanah yang gelap gulita dan bau, menjadi tempat-tempat yang penuh imajinasi dengan burung gagak dan kera yang bisa bicara.

Menunggu apa yang terjadi dengan Peter dan 3 pasang bola mata ajaibnya itu menjadi sebuah hal yang menegangkan dan bikin penasaran.

Layaknya anak usia 10 tahun, meskipun cerdik, cerdas dan lincah, Peter Nimble tetaplah anak yang terkadang bertindak dulu tanpa memikirkan akibatnya, sesekali juga mudah tersinggung dan emosional. Cocok berdampingan dengan Sir Tode, yang karena memang usianya lebih tua, maka ia lebih bijaksana, selalu mendorong Peter untuk lebih berani.

Meskipun sih tokoh utamanya kaya’nya bukan hal yang baru ya, anak laki-laki, yatim piatu, dan ternyata punya latar belakang yang mengejutkan (atau dirinya yang sekarang ya, gak seharusnya kaya’ begini) – ada satu bagian, di mana pembaca bisa langsung menebak, siapa Peter Nimble sesungguhnya,  tapi tetap aja, buku yang satu ini tetap menarik untuk dituntaskan.


Kalau berbicara soal cover, lagi-lagi, karena latar belakangnya putih itu, memperkuat ilustrasi yang ada di cover tersebut. Tapi, entah kenapa gue merasa cover versi terjemahan ini terlalu ‘ceria’. Cover versi asli yang berlatar warna biru kehijau-hijauan yang gelap itu, lebih cocok dengan karakter Peter Nimble, yang sering ‘bergerak’ di saat malam hari itu. Plus burung gagak yang berterbangan, yang juga jadi tokoh penting di buku ini.

Submitted for:

- Lucky No. 14 Reading Challenge – category: Freebies Time
- New Author Reading Challenge 2014
- Young Adult Reading Challenge 2014
- Children Literature Project

0 comments:

 

lemari bukuku Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang