Monday, June 21, 2010

That Silent Summer

That Silent Summer (Saat Kata-Kata Tidaklah Cukup)
Eliane Medline @ 1999
Monica Dwi Chresnayani (Terj.)
GPU – Juli 2008
184 hal.

Sebagai ‘anak kota’, Minnow (bukan nama aslinya) tentu saja merasa sebal ketika harus menghabiskan musim panasnya bersama tiga orang tua (manula) yang nyaris tidak dikenalnya. Mereka sebenarnya adalah nenek-nenek Minnow sendiri, yaitu: Yanny (nenek kandung Minnow), Cliff dan Anna. Ketiga orang tua itu punya keunikan atau bahkan ‘kenyentrikan’ sendiri. Yanny – di usianya yang ke 80 tahun, masih gemar pakai rok (mini), sepatu hak tinggi dan aksesoris lainnya – serba pink pula. Yanny pintar membuat berbagai macam pie dengan sistem yang ‘aneh’. Lalu, Cliff, satu-satunya lelaki dari tiga bersaudara itu, gemar bersantai di hammock-nya, sambil menyelesaikan proyek ‘Puisi 100 Halaman’, tapi jangan pernah bertanya kapan puisi itu akan selesai. Dan, terakhir, Anna – yang selalu meraih gelar juara untuk bunga Gladiol Tercantik. Tapi, Anna inilah yang paling misterius, Anna ‘berhenti’ bicara sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Anna-lah yang ‘menuturkan’ kisah liburan Minnow di Musim Panas Danau Ungu.

Minnow, yang tadinya ogah-ogahan, mulai menikmati musim panasnya di pondok kayu bersama nenek-neneknya. Ia ikut ‘bertualang’ balet sampan, berenang di Danau Birch, membuat pie kejutan untuk Yanny, memberi dukungan ‘moral’ untuk Cliff dan menemukan Batu tempatnya ‘bertapa’.

Minnow bahkan berani bertanya langsung pada Anna tentang kebisuannya. Tapi, ia justru mengetahui berbagai rahasia dari seorang pendatang baru – cicit ‘musuh’ Yanny, Montogomery Moore. Banyak rahasia di dalam pondok itu, terutama yang berkaitan dengan Anna.. Semuanya diceritakan dalam ‘kebisuan’.

Tokoh favorit gue adalah nenek Yanny.. ampun deh, kebayang punya nenek yang lincah dan nyentrik. Yang temperamental, tapi bisa juga jadi drama queen.

Ahhhh.. jadi pengen nyemplung ke danau.. berenang… kaya’nya enak banget. Tapi, di mana bisa nemu danau buat berenang di Jakarta ya???

0 comments:

 

lemari bukuku Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang